(Sertijab Pengurus Pusat PMI) Ketua Umum PMI Jusuf Kalla: “Untuk Kemanusiaan dan Perdamaian!”

PMI secara resmi menggelar acara serah terima jabatan Ketua Umum PMI Periode 2004-2009 Mar’ie Muhammad kepada Ketua Umum PMI Periode 2009-2014 Jusuf Kalla, di Gedung Markas Pusat PMI, Jakarta (12/1).

Dalam acara ini, Tim Formatur PMI juga mengumumkan resmi Surat Keputusan Ketua Umum PMI No.01/KEP/PP PMI/I/2010 tentang Dewan Kehormatan Pusat PMI masa bakti 2009-2014. Ditetapkan bahwa Mar’ie Muhammad dan Haryono Suyono, menjabat sebagai anggota Dewan Kehormatan Pusat PMI.

Selanjutnya, dalam Surat Keputusan No.02/KEP/PP PMI/I/2010, diumumkan tentang Penetapan Pengurus Pusat PMI masa bakti 2009-2014. Sebanyak 14 orang yang duduk dalam Kepengurusan PMI masa bakti 2009-2014, dilantik resmi oleh Ketua Umum PMI Jusuf Kalla.

“Untuk kemanusiaan, untuk perdamaian, dan untuk melaksanakan seluruh tujuan kepalangmerahan, maka dengan ini saya melantik Pengurus Palang Merah Indonesia periode 2009-2014 dengan harapan agar kita semua dapat menjalankan tugas-tugas sebaik-baiknya yang akan kita berikan kepada seluruh masyarakat. Dengan demikian, selamat bekerja!”

Secara keseluruhan berikut ini adalah jajaran Kepengurusan PMI Periode 2009-2014:

1. Ketua Umum : Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla
2. Wakil Ketua Umum : DR. Bachtiar Chamsjah, SE
3. Sekretaris Jenderal : Ir. Budi Atmadi Adiputro, Dipl. HE
4. Bendahara : Suryani Sidik Motik, Ph.D
5. Anggota : DR. dr. Hj. Ulla Nurchrawaty Usman, MM
6. Anggota : dr.Farid Husain, Sp.Bd
7. Anggota : H. Muhammad Muas, SH
8. Anggota : Letjen TNI (Purn) Sumarsono, SH
9. Anggota : DR. Biantoro Wanandi
10. Anggota : DR. H. Rachmat Gobel
11. Anggota : Rapiuddin Hamarung
12. Anggota : Bernhard S. Jonosisworo
13. Anggota : Lily Kasoem
14. Anggota : dr. Ritola Tasmaya, MPH
15. Anggota : dr. Linda Lukitasari Waseso

Acara dilanjutkan dengan penyerahan jabatan dari Ketua Umum PMI Periode 2004-2009, Mar’ie Muhammad, kepada Ketua Umum PMI Periode 2009-2014, Muhammad Jusuf Kalla. Beberapa hal teknis yang diserahterima berikut dengan dokumen-dokumen tertulis, terdiri dari laporan keuangan, daftar inventaris, dan daftar nama karyawan.

Dalam kesempatan ini, Mar’ie Muhammad (Ketua Umum PMI Periode 2009-2014) mengungkapkan rasa terimakasihnya yang mendalam kepada segenap keluarga besar PMI yang telah bekerja bersamanya selama PMI berada dibawah kepemimpinannya.

“Tentu semua kekurangan yang mungkin terjadi pada periode sebelumnya,kami harapkan bisa diperbaiki, tentu demi pengabdian PMI terhadap masyarakat sesuai mandat Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional. Kepada seluruh Pengurus Puisat PMI periode yang lalu, kami ucapkan terima kasih. Kepada seluruh karyawan dan seluruh personil PMI di tanah air, agar memberikan dukungan dan menjalin kerjasama yang baik dengan kepengurusan PMI yang baru ini,” tutur Mar’ie Muhammad di depan segenap karyawan Markas Pusat PMI, para Pengurus PMI, dan puluhan rekan wartawan dari berbagai media di Ruang Aula Markas Pusat PMI, Jakarta (12/1).

Seraya berkomitmen kepada tugas-tugas kemanusiaannya untuk PMI, Ketua Umum PMI Jusuf Kalla mengucap,”Sebagai pengurus baru di PMI, maka kami akan menjalan semua tugas kemanusiaan sejalan dengan 7 prinsip pokok Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional, yang tujuan umumnya untuk meningkatkan harkat manusia, menangani masalah bencana, termasuk masalah konflik. Karena itulah tugas ini sangatlah mulia, karena itu hanya Palang Merah yang dapat diterima oleh semua pihak yang sedang konflik. Tentu kita tidak inginkan bencana dan semua konflik itu berlarut-larut, tapi kita harus siap mengatasi semua maslaah ini.”

Serah terima kepengurusan ini menjadi rangkaian akhir dari masa kerja Kepengurusan PMI Periode 2004-2009 dan menjadi awal masa kerja Kepengurusan PMI di bawah kepemimpinan Ketua Umum Muhammad Jusuf Kalla dengan membawa visi yaitu mewujudkan PMI sebagai organisasi kemanusiaan yang profesional, tanggap, dan dicintai masyarakat.

Sementara misi yang diemban PMI adalah menguatkan dan mengembangkan organisasi, meningkatkan dan mengembangkan kualitas SDM (pengurus, staf, PMR dan relawan), meningkatkan kualitas pelayanan kepalangmerahan, mengembangkan kegiatan kepalangmerahan yang berbasis masyarakat, meningkatkan dan mengembangkan jejaring kerjasama, menyebarluaskan, mengadvokasi, dan melaksanakan Prinsip-Prinsip Dasar Gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah serta Hukum Perikemanusiaan Internasional (HPI), serta mengembangkan komunikasi, informasi, dan edukasi kepalangmerahan.*

(Dok. Foto Oleh Anggun Permana, Staf Humas Markas Pusat PMI)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: