BUPATI CILACAP RESMIKAN GEDUNG PMI

Gedung Palang Merah Indonesia/PMI Kabupaten Cilacap, Rabu (4/01) diresmikan penggunaannya oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, dalam satu acara di markas PMI baru jalan Urip Sumoharjo 174 A Gumilir Cilacap.
Peresmian ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Bupati Cilacap, disaksikan Ketua Pengurus PMI Provinsi Jawa Tengah, Sasongko Tedjo, Ketua PMI Kabupaten Cilacap, Bambang Toejiono, S.Sos,MM, para Kepala SKPD dilingkungan Pemkab Cilacap, para pendonor sukarela, dan undangan lain.
Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penandatangan kerjasama antara PMI dengan tiga sekolah yakni SMP Al Azhar 15 Cilacap, SMK Budi Utomo dan SMK Negeri 2 Cilacap, tentang Sekolah Siaga Bencana.
Menurut Ketua PMI Kabupaten Cilacap, Bambang Toejiono, S.Sos,MM, gedung markas PMI Cilacap dibangun dalam dua lantai diatas tanah 1.812 meter pesergi, dengan total biaya pembangunan sebesar Rp. 2,299 milyar lebih.
Pembangunan dilaksanakan secara bertahap. Tahap pertama pekerjaan yang dilaksanakan berupa Lantai pertama seluas 378 meter persegi yang digunakan untuk unit donor darah dan lantai kedua seluas 324,5 meter persegi digunakan sebagai markas PMI.
Sedang pelaksanaan tahap kedua, dibangun ruang KSR, gudang, garasi dan musholla yang sepenuhnya dana pembangunannya berasal dari Pemkab Kabupaten Cilacap sebesar Rp. 523.950.000,-
Menurut Bambang, dibidang donor darah, Unit Donor Darah/UDDPMI Kabupaten Cilacap terus berupaya mendorong peningkatan pelayanan dengan sebaik-baiknya. Berbagai alat dan sarana untuk mendukung pelayanan terus didatangkan, baik melalui pembelian secara langsung maupun dengan cara sewa beli.
PMI Kabupaten Cilacap mampu menghasilkan 1.000 kanton per bulan. Hasil tersebut tidak saja untuk kebutuhan rumah sakit di Kabupaten Cilacap saja, tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan rumah sakit di luar Cilacap seperti, rumah sakit Margono Purwokerto dan rumah sakit Banjarpatoman.
Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji dalam kesempatan tersebut mengatakan, kiprah yang telah dilakukan oleh PMI telah dapat menyentuh dan membawa kemaslahatan bagi masyarakat. Hampir disetiap terjadi bencana baik itu yang bersifat nasional maupun local, kiprah PMI terlihat nyata, dengan mengirimkan tenaga relawan untuk ikut membantu memberikan pertolongan kepada para korban bencana.
Lebih lanjut dikatakan, keberadaan Unit Donor Darah/UDD PMI Cilacap, darah transfuse, dan komponen darah lainnya yang dihasilkan, tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan warga masyarakat Cilacap,tetapi juga mampu mensuplay kebutuhan masyarakat Kabupaten tetangga. (hromly)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: